Kelebihan Ketika Bikin Baju Kaos Menggunakan Bahan Cotton Bamboo

bikin-baju-kaos

Ketika memutuskan untuk bikin baju kaos tentu ingin mendapatkan kualitas yang terbaik. Hal ini ditentukan oleh bahan yang digunakan, selain itu jenis jahitan dan sablon juga menentukan kualitas kaos. Namun yang paling utama adalah bahannya. Salah satu bahan yang sering direkomendasikan yaitu bahan cotton bamboo.

Bahan cotton bamboo merupakan satu bahan katun premium yang memiliki banyak kelebihan jika dibandingkan dengan bahan katun biasa. Bahan ini terbuat dari serat kapas dan bambu, karena itu dinamakan cotton bamboo. Banyak yang menyukai bahan ini untuk membuat kaos. Meskipun harga lebih mahal, tetapi banyak manfaat yang akan dirasakan ketika menggunakannya.

Kelebihan Bikin Baju Kaos Menggunakan Bahan Cotton Bamboo

Kaos adalah salah satu pakaian yang memiliki bentuk seperti huruf T, maka sering disebut dengan T-shirt. Dengan bentuknya yang sederhana membuatnya nyaman digunakan sepanjang hari. Sehingga tidak heran jika banyak yang menjadi penggemar baju satu ini. Bahan yang digunakan sangat mempengaruhi kualitasnya, cotton combed sering menjadi pilihan karena memiliki banyak kelebihan, diantaranya:

1. Memiliki permukaan yang halus dan lembut

Ketika membeli baju dan untuk melihat kualitasnya, pasti yang dilakukan adalah meraba permukaannya. Jika dirasa halus dan lembut maka memiliki kualitas yang baik. Untuk bahan cotton comded tidak perlu diragukan lagi akan hal tersebut.

Karena memiliki permukaan yang sangat lembut dan halus. Sehingga tidak perlu khawatir akan melukai kulit atau menimbulkan iritasi. Bahkan karena tingkat kelembutannya, membuat bahan cotton bamboo sering dijadikan pilihan sebagai pengganti sutra atau katun mesir dengan harga yang lebih terjangkau.

2. Memiliki daya serap yang tinggi

Untuk daya serap pada keringat tidak perlu diragukan lagi. Karena terbuat dari serat kapas tentu daya serapnya tidak perlu dipertanyakan. Sehingga membuat baju kaos nyaman digunakan sepanjang hari.

3. Terdapat anti bakteri

Kelebihan selanjutnya yaitu terdapat anti bakteri, sehingga akan lebih sehat di kulit. Bikin baju kaos menggunakan bahan cotton bamboo memang tidak ada ruginya. Karena kulit akan sangat terjaga, termasuk dari bakteri. Hal ini terjadi karena kandungan penny quinone yang ditemukan pada serat bamboo dan tidak ditemukan pada bahan lainnya.

4. Mampu menangkal sinar UV

Sinar UV dapat membuat kuli terbakar, bahkan lebih parahnya dapat menjadi penyebab kanker kulit. Namun tidak perlu khawatir lagi dengan bikin baju kaos menggunakan cotton bamboo akan terjaga dari sinar UV. Bahan ini memiliki kemampuan 417 kali lipat lebih baik dalam menangkal sinar UV dibandingkan dengan bahan lainnya.

5. Hypoallergic

Salah satu sifat dari bahan cotton bamboo yaitu hypoallergic. Kita sering mendapatkan tulisan ini di tag baju pakaian bayi maupun anak. Artinya bahan tersebut tidak akan menimbulkan alergi termasuk pada kulit sensitif.

6. Anti bau

Selain anti bakteri bahan cotton bamboo juga anti bau. Walaupun baju kaos telah digunakan lebih sepanjang hari tidak akan menimbulkan bau. Hal ini karena bahan memiliki daya kapilaritas yang baik sehingga tidak mudah lembab dan bau. Selain itu juga dapat menghilangkan bau pada baju lainnya yang satu almari. Sehingga sangat menguntungkan untuk menghilangkan bau apek.

7. Ramah lingkungan

Proses produksi yang menggunakan bahan alami membuat cotton bamboo termasuk pada bahan yang ramah lingkungan. Sehingga mudah untuk terurai atau degredable. Hal ini tentu dapat membantu mengurangi sampah lingkungan. Dimana limbah baju sulit diurai dalam waktu singkat dan akan menumpuk.

Itulah beberapa kelebihan yang akan didapatkan ketika bikin baju kaos menggunakan bahan cotton bamboo. Bahan ini memang terkenal bahan dengan kualitas yang diatas rata-rata, namun tetap memiliki kekurangan. Selain harganya mahal, lebih tipis serta pilihan warna yang terbatas.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *